Aku (hampir) Sarjana

 

Lama banget. Engga nulis. Aku punya banyak cerita. Beberapa tahun lalu aku nulis waktu gapyear. Hari ini aku nulis buat nutup semua ceritaku selama jadi mahasiswa.

Sebagian temanku yang mungkin hampir tiap hari ketemu sama aku, ngga asing kalo aku bilang kuliah itu sekolah. Aku suka sekolah. Aku sangat menikmati apa itu kehidupan perkuliahan. Kegiatan di luar kelas, drama organisasi, ngga bisa ngerjain ujian, ngevent sampe stress. Apapun itu. Aku suka selama hampir 4 tahun ini.

Empat tahun aku kenal banyak orang. Empat tahun aku belajar gimana bisa paham sama orang lain. Empat tahun aku ditinggal orang dan diganti orang baru. Dulu, aku ngga bisa bicara apa yang aku mau, apa yang rasain. Selama empat tahun itu aku belajar bicara supaya orang ngerti apa yang aku mau, aku juga ngerti apa yang orang lain mau.

Aku belajar biar aku bisa terus baik sama orang. Ngga gampang ternyata. Banyak yang ninggalin aku selama itu. Susah buat tetep bisa baik ke mereka yang ninggalin aku tanpa alasan, tanpa sebab.
Aku berusaha, aku tetep berusaha. Alasannya cuma satu. Aku ngga pernah tau hal buruk apa yang mungkin terjadi sama aku nanti. Rezeki apa yang mungkin Tuhan kasih ke aku. Dan yang bisa nolong cuma mereka yang mungkin dulu aku sempet berbuat ngga baik ke mereka. Atau rezekiku yang jalannya lewat mereka.

Aku belajar kalo mau sesuatu yang kita pengen ada 'harga' yang harus dibayar. Aku kira, dengan membayar harga waktu satu tahunku sebelum sekolah dengan kerja, aku bisa nikmatin apa itu jadi mahasiswa dengan nyaman. Namanya juga manusia, bisanya ya cuma ngira-ngira. Aku belajar dengan liat teman-temanku.

Aku bisa nyaman belajar dan bisa kegiatan di kampus, harga yang harus aku bayar ya aku harus belajar nahan beli sesuatu yang aku mau karena udah ngga kerja lagi. Ada temanku yang bisa beli ini itu sendiri karena nyambi kerja, tapi harga yang mungkin harus dibayar adalah dengan ngga bisa ngerasain nikmatnya izin kelas karena kegiatan UKM. Ada plus minusnya. Dari situ aku belajar biar ngga gampang nilai orang.
“Kok ngga pernah ikut organisasi sih?”

“Kenapa kuliah sambil kerja?”
“Yakin ngga mau ikut UKM?”
“Ngerjain tugasnya kok mepet-mepet?”
“Kenapa sih buru-buru banget tiap abis kelas?”

Aku mau terima kasih sama banyak orang selama aku sekolah. Kalau ditanya, apa penyesalan selama sekolah bakal kujawab ngga ada. Experience baik atau kurang baik yang aku dapetin punya ‘rasanya’ sendiri-sendiri.

Satu kalimat yang aku tulis di halaman motto skripsi.
“Tidak ada yang salah dari sebuah pilihan, yang salah adalah ketika memilih kemudian mengeluh dan yang bodoh adalah ketika sudah mengeluh tidak mencoba pilihan yang lain.” Katanya Dzawin kaya gitu, sampai akhirnya aku mengamini.

(Fun) fact selama jadi mahasiswa yang pada akhirnya aku mengamini kalimat itu, dulu aku ngga pernah kepikiran sekolah di kampus yang sekarang. Aku juga anak pada umumnya, maunya ya dapet negeri. Tuhan ngga kasih aku rezeki di pilihan kampus negeri yang aku mau, aku coba pilihan lain. Tuhan ganti kontan dengan giving me as a awardee full study schorlarship. Nikmat Tuhan ngga ada yang tau kalau kita ngga cobain pilihan yang lain :)

Sekali lagi, ada ‘harga’ yang harus dibayar buat segala sesuatu. Kalau ngerasa Tuhan belum kasih apa yang kita mau, mungkin kita masih sering nawar karena harganya belum sepadan.

Tulisan ini diunggah pasca yudisium. Hari ini aku sudah melakukannya.

 

Comments