Ini Cerita Semester Lima

 

Terhitung 4 bulan setelah cerita terakhirku di bulan September kemarin.
Karena sampe saat ini aku masih belum bisa nulis bagus kaya mahasiswa-mahasiswa pada umumnya kaya artikel soal tantangan ideologi dan revitalisasi, ngejabarin suatu kasus pake perspektif politik, sosbud, pendidikan atau tulisan-tulisan semacamnya. Jadi, lagi-lagi aku nulis story n experience  yang aku punya di semester 5 ini. Walaupun kadang aku juga mau nulis yg rada berbobot dikit tapi hmm oke gini dulu aja deh.

Aku sering liat meme kalo Tuhan bersama mahasiswa semester 5 dan seterusnya. Dan ya, aku mengamini itu. Haha. Semester 5 ni kalo ngga dibarengi ibadah rajin dan berdoa dah gila. Oke, semester 5 ini aku ngapain aja? Aku bakal cerita.

Semester 5 aku awali dengan ngevent, hmm kepanitiaan. Juli sampe September ngebarengi adik-adik maba buat ospek. Aku si mahasiswa ospek online dan tidak punya pengalaman kepanitiaan ospek offline ni sedikit merasa beban ya. Hahaha.

Ini jadi salah satu pengalaman yg menyenangkan dan pengalaman sebagai pembelajar. Kenapa gitu? Aku tipe manusia yg ngga bisa punya tim dengan banyak orang. Selain tanggungjawabnya besar seperti harapanku yg besar pula bisa bersanding dengannya, aku juga harus bisa memahami apa yg mereka mau baik secara personal maupun buat tim.

Di event ini aku ngebawa tim dengan 8 orang, 8 kepala, 8 kepribadian, 8 macem jenis anak Adam. Total 9 orang sama aku. Dan ini terlalu banyak untuk aku yg leadershipnya pas-pasan. Seneng banget waktu tim ini bisa bertahan sampe selesai.

Di tengah-tengah kepanitiaan ini, aku juga ikut program kewirausahaan. Ikut workshop sana sini biar bisnis yg dibangun bisa lebih oke. Aku ikut program ini kurang lebih 4 bulan. Terhitung dari bulan Juli juga. Keteteran ngga? Pasti. Di tengah-tengah kepanitiaan ospek sama program ini, di akhir Agustus aku juga berkewajiban buat mengakhiri kepengurusan di UKM. Apalagi kalo bukan LPJ-an.

Kegiatan gede-gede ini tumplek blek di bulan Juli sampe September. Kuliahnya gimana? Tetep kuliah seperti mahasiswa pada umumnya. Dan benar, tugas duniawi perkuliahan blas ra ono enteke. Selain tugas yg selalu ada seperti aku ketika dibutuhkan olehnya namun tidak sebaliknya, praktikum semester 5 bikin gundul. Sungkem buat para penerus bangsa yg sudah melewati semester 5!

Oktober ngapain? Oktober sedikit bisa kuhabiskan dengan bernapas lebih panjang. Bisa tidur cukup dan nongkrong tanpa harus bahas sesuatu yg ndakik-ndakik. Ngebangun bisnis biar lebih proper di program yg aku bilang tadi. Dan aku sama tim punya kesempatan buka lapak buat pertama kalinya. Xixi.

Kampus punya acara gede buat warga UKM, Student Fair. Buat aku dan tim yg selama ini bisnisnya jalur delivery order alias kamu kirim pesan ke aku, aku anter sampe depan kosmu terus tiba-tiba dagang di tempat dan kegiatan dengan animo segitu banyaknya. Lagi-lagi ini jadi pengalaman yg menyenangkan. Capek? Capek banget asli, tapi (katanya) kalo mau jadi bos seenggaknya pernah ngerasain susah dan capek dulu di lapangan.

November aku habisin buat persiapan berangkat ke Surabaya. Ngapain? Buat expo dari program kewirausahaan. Expo ini jadi puncak dan ruang peserta program buat nunjukin produknya. Dan selama aku kuliah, ini adalah pengalaman pertamaku bisa bersua sama mahasiswa se-Indonesia. Seminggu di Surabaya dan balik di waktu weekend.

Setelahnya, hari Senin aku udah harus berangkat kuliah lapangan. Kali ini tujuanku ke Semarang-Bandung. Ini bukan kali pertamanya aku ke Surabaya sama Semarang, tapi perjalanan kali ini ngebawa aku di suasana panasnya dua kota ini. Asli. Walaupun Surabaya sama Semarang panasnya cok ora umom, tapi ngga ngurangin rasa senengnya. Pulang kuliah lapangan, ternyata masih ada segudang jadwal buat praktikum. Haha. Lemes. Desember kosong? Aku masih ada waktu buat pelantikan lembaga fakultas.

Kalo ditanya apa pencapaianmu di tahun ini, aku bakal jawab seluruh kegiatan di semester 5 sebagai pencapaianku. Bisa ikut kompetisi walaupun ngerasa telat banget karena udah semester segini, bisa ngevent di tengah nyusun laporan pertanggungjawaban kepengurusan, bisa pindah-pindah kota dalam sebulan buat kegiatan yg manfaat.

Terakhir, buat adik-adik juga teman-teman yg bakal menuju semester-semester berikutnya, aku ngga bakal bilang “semester segitu mah masih mending, nanti semester 5 seterusnya baru pusing.” seperti yg dibilang (beberapa) temanku yg lebih dulu kepadaku. Wkwk. Tiap semester punya beratnya masing-masing. Dinikmati tiap waktu ke waktu. Beneran dah. Tiap momen dan kegiatan perkuliahan itu menyenangkan, rodo karo sambat ngga masalah, rasah sok kuat, kamu bukan pondasi omah.

Cerita ini ditulis dan insya Allah akan tayang di blog pribadiku dengan lokasi Cianjur, Jawa Barat.
Kota Cianjur dan kuliah kerja nyata sebagai penutup dari perjalananku sebagai mahasiswa semester 5.

Terima kasih sebesar-besarnya buat orang-orang yg ada di sekitarku selama semester 5 ini. Hormat.
Terima kasih sudah bersedia membaca ceritaku sampe akhir. Semoga tidak bosan. Dan semoga hal-hal baik selalu menyertai.

 

Salam hangat,

Tifa


salam hangat dari Cianjur, doakan semoga kami bisa bermanfaat disini.




Comments

  1. Keren banget mba tifa!! Semangat terus yaaa!

    ReplyDelete

Post a Comment