(Ceritanya) 2021 Recap!

Bukan satu dua cerita terjadi di tahun ini.
Kata orang, sesuatu yang dituliskan akan abadi. 
Jadi, untuk membuat sesuatu itu abadi, saya mau tulis itu semua di sini.

Seperti biasa, Tuhan kasih saya kesempatan buat ketemu sama orang-orang baik. Selain dikasih kesempatan ketemu orang baik, saya juga dikasih kesempatan Tuhan buat cobain hal-hal baru. Tuhan selalu punya cara kasih tau kalo hidup semenarik itu lewat kesempatan-kesempatan yang Dia kasih.

Cita-cita kecil sampe hal yang bukan bahkan ngga pernah jadi cita-cita saya terjadi di tahun ini. Bukan lagi capek fisik, tapi juga pikiran, emosional juga bukan main. Tapi, karena saya menganut faham, “Kalo kamu capek tapi suka, seneng ngejalaninnya, berarti kamu berada di jalan yang tepat.” akhirnya saya memutuskan kalo ini emang jalan saya.

Salah satu cita-cita saya yang akhirnya kesampaian tahun ini adalah naik gunung. Walaupun harus dimaki-maki dulu baru bisa sampe puncak. Sebenernya ini keliatan norak si cuma yaudah gapapa. Saya ngga bilang ini cita-cita kecil karena dari dulu saya pengen banget naik gunung. Sampe pernah hopeless, “Kayanya bisa naik gunung kalo dah punya suami kalo gini caranya.”

Meskipun buat beberapa orang kegiatan ini bisa kapan aja dilakuin tapi lagi dan lagi naik gunung selalu masuk to do list saya setiap tahunnya. Mulai dari 2015 dan baru tercapai 6 tahun kemudian. Gimana saya ngga seneng, 6 tahun baru kesampaian. Ini kalo diibaratin bocah, nunggu TK dulu baru bisa main. Semoga masih bisa naik gunung jilid dua, tiga, empat, dan seterusnya meskipun harus punya suami dulu.

Selain naik gunung, ada hal-hal ngga terduga yang hadir di tahun ini. Saya ngga tau ini nyebutnya kesempatan, rezeki, cobaan atau apa. Saya saking bingungnya buat mendefinisikan. Mulai dari ber-partner sama orang yang pernah marahin saya, dapet amanah yang sedikitpun saya ngga pernah harapkan apalagi saya cita-citakan, sampe harus masuk ke lingkungan yang harus maksa saya buat nyaman.

Persetan dengan keluar zona nyaman, karena buat saya ngga segampang itu buat keluar dari lingkungan yang udah bikin tumbuh dan tiba-tiba harus mulai tumbuh dari nol lagi. Tahun ini saya bener-bener “nyari kerjaan banget” sampe akhirnya saya capek sendiri. Ternyata maksa buat produktif itu juga ngga baik. Leha-leha dan males-malesan sering jadi keinginan saya tiap akhir pekan. Tapi ya namanya keinginan ngga bisa semua terwujudkan.

Satu cerita bahagia lagi. Saya dikasih kesempatan buat nyambut temen-temen maba. Kayanya ini juga norak ya, cuma saya punya alasan buat itu. Saya seneng karena jadi mahasiswa itu privilege. Asli. Saya seneng liat maba excited banget buat hari pertama. Itu yang dulu saya rasain. Apalagi setelah sekian jalan terjal dan akhirnya sampe di ujung jalan. Walaupun bukan pahlawan tapi kerasa banget perjuangannya.

Dari hal-hal yang ngga pernah saya inginkan tadi, akhirnya 2021 ini saya belajar kalo harus nerima diri sendiri dulu buat nerima hal-hal yang bukan jadi kemauan kita. Sepele, tapi susahnya bukan main. Ternyata nerima diri sendiri butuh waktu ngga cuma sehari dua hari.

Untuk pemanis, saya mau kasih dokumentasi dengan beberapa orang-orang baik nan terkasih tahun ini. Beberapa aja ya, akeh-akeh engko dikiro foto album.



Awal tahun saya ketemu orang-orang ini. Saya pusing, mereka keren-keren banget dengan segala pencapaiannya. Sungkem!



Bulan Agustus IPM Jogja musyda. Setelah beberapa kali ganti tanggal akhirnya bisa napas lega. Tapi leganya bentar.

Ini tim saya waktu nyambut temen-temen maba. Wangun dewe soale isine dayang sumbi kabeh.

Kalo kalian tipikal orang yang ngga punya capek, saya saranin buat temenan sama orang-orang ini. Saya pusing juga sama mereka, tiap hari ngombeni krating daeng ketoke.

Nah, ini teman berpikir yang saya temui tahun ini. Akhirnya isi kepala saya kepake walaupun ngga sering.


Segini dulu buat lembar epilog tahun 2021. Lagi dan lagi saya mau bilang terima kasih buat orang-orang yang saya temui tahun ini. Semoga ngga bosen ya jadi temen saya.

Tulisan ini dibuat dari tanggal 17 Desember 2021 sampai tulisan ini dipublikasikan.
Lama nulisnya karena banyak ngeditnya dan bingung mau nulis apa saking banyaknya yang mau diceritain.


Salam cinta dan salam hangat,

Tifa


Comments